Selasa, 30 Oktober 2012

Cara Membuat Kopi Menjadi Nikmat


Ada tak terhitung banyaknya cara mengolah bubuk kopi menjadi minuman nikmat. Penggemar kopi yang sudah mencicip banyak macam minuman kopi, biasanya memiliki rasa kopi favoritnya. Bagaimana dengan Anda?

Minuman kopi sangat mudah dijumpai di berbagai tempat. Anda bisa membeli secangkir kopi di gerai kopi. Anda juga bisa membeli bubuk kopi untuk dibuat sendiri.

Membuat kopi sendiri dengan mengolah bubuknya sama menariknya dengan memasak. Keterampilan dan pengalaman bisa menjadikan seseorang mahir membuat kopi nikmat. Hal-hal dasar apa yang perlu diketahui untuk dapat membuat kopi nikmat?

Pertama, usahakan untuk mendapat kopi segar. Umumnya, kopi dalam kemasan plastik bertahan 60 hari. Jika dikemas secara kedap udara, bubuk kopi dapat awet hingga satu tahun. Begitu kemasan dibuka, simpanlah di kulkas dalam wadah rapat.

Beberapa cara membuat kopi yang terkenal adalah cara ala Turki, yang memakai bubuk kopi halus sehingga tidak perlu disaring, kopi moka atau espreso ala Italia, dan cafezinho Brazil. Pada umumnya untuk menghasilkan kopi yang nikmat, untuk air sebanyak ¼ galon (1 liter lebih sedikit) tambahkan kopi sebanyak 6-8 sendok makan.

Kopi paling nikmat jika diminum segera setelah dibuat. Maka, buatlah kopi hanya sebanyak yang akan dihidangkan. Bubuk kopi yang telah digunakan, kualitasnya sudah berkurang. Jangan gunakan ulang jika ingin mendapat citarasa terbaik.

Selain kualitas kopi dan cara membuatnya, perhatikan juga kebersihan peralatan yang digunakan, misalnya teko dan penyaring. Segera cuci setelah digunakan untuk memastikan kebersihan maksimal sehingga peralatan tersebut tidak mempengaruhi rasa kopinya ketika digunakan.

0 komentar

Poskan Komentar